AgendaRilis Media

Peringati Hari Kemerdekaan, GMI Kabupaten Banjar Promosikan Wisata Bukit Manjai

 

GMI Kabupaten Banjar melaksanakan kegiatan memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76. Kegiatan berlangsung dari 16-17 Agustus 2021 di Bukit Manjai, salah satu lokasi pariwisata di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

“Dan pada kegiatan ini, sekaligus sebagai mempromosikan keindahan wisata yang ada di Kab. Banjar, yaitu salah satunya Bukit Manjai ini,” ujar Fahrul Zaky, Ketua GMI Banjar (17/8).

Mahasiswa semester akhir UIN Antasari ini mengungkapkan, selain pengibaran Sang Saka Merah Putih, mereka juga mengadakan diskusi mengenai pentingnya peran pemuda dalam kegiatan kerelawanan. Pemuda sebagai relawan, menurut Fahrul, penting bagi pengembangan masyarakat dan juga destinasi wisata di Kalsel.

Menurut Fahrul, peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia dan jasa para pahlawan ini perlu dimaknai dengan menumbuhkan semangat kerelawanan dan nasionalisme dalam diri generasi muda. Tumbuhnya kepekaan terhadap persoalan masyarakat merupakan wujud dari sikap seorang relawan. Menjadi relawan adalah menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama manusia.

“Sebagai pemuda-pemudi Indonesia yang berjiwa nasionalis, yang cinta NKRI, kita harus selalu memiliki semangat kemerdekaan di diri kita, dengan menumbukan jiwa sosial yang tinggi dan saling membantu sesama. Dengan mengamalkan dan mempraktekkan salah satu hadis Nabi, yaitu ‘khoirunnas anfa’uhum linnas’, yang artinya, ‘Sebaik-baik manusia adalah yang memberikan manfaat bagi orang lain’,” papar Fahrul.

Kegiatan GMI Kabupaten Banjar ini dilaksanakan secara berkolaborasi dengan PASMAN SMAN 1 Martapura dan Komunitas Bakajut Muncak. Fahrul juga menghimbau agar para pengunjung tempat pariwisata di Kalsel, khususnya di Bukit Manjai, selalu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Sebagai informasi tambahan, di Kalimantan Selatan terdapat banyak destinasi wisata perbukitan yang indah. Selain Bukit Manjai, beberapa yang ramai dikunjungi di antaranya adalah: Bukit Rimpi, Bukit Tamiyang, Bukit Gelatik (Tanah Laut), Bukit Kudai (Hulu Sungai Selatan), serta Bukit Matang Kaladan dan Bukit Batu (Kab. Banjar).

admin

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Agenda